Tips Menyelamatkan Diri Saat Tersesat Dalam Pendakian

Mendaki gunung merupakan hobi yang mengasyikkan dan mempunyai kepuasan tersendiri. Namun untuk dapat mencapai kepuasan tersebut, kita harus siap dengan segala kemungkinan. Diperlukan persiapan fisik,mental dan pengetahuan / ilmu terkait pendakian dan kemungkinan kendala yang akan dihadapi. Termasuk kemungkinan tersesat yang bisa saja terjadi.

Ada beberapa tips yang yang harus dilakukan pendaki saat tersesat di gunung/hutan.

1. Duduk dan Rileks

Biasanya pendaki merasa panik saat mengetahui dirinya tersesat terutama saat hari mulai gelap. Berfikirlah dengan tenang dan istirahatkan tubuh dengan cara duduk ditempat yang aman, makan dan minum sambil beristirahat.

2. Berfikir Jernih

Berfikir dengan jernih sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan diri baik pendaki tunggal maupun tim. Cobalah berfikir apa yang menyebabkan anda tersesat. Terutama untuk pendakian tim, hindari keegoisan, keapatisan dan saling menyalahkan .

3. Observasi

Lakukan observasi lingkungan sekitar serta periksa persediaan logistik yang ada serta perhitungkan secara matang untuk bisa digunakan bertahan. Jangan lupa perhatikan kondisi tubuh dan fisik tim serta cuaca saat itu.

4. Perencanaan

Atur rencana dan pertimbangkan secara matang agar tidak terjadi kesalahan dan berpengaruh terhadap keselamatan anda dan tim.

5. Terus Naik Menuju Puncak

Bagian atas gunung lebih sempit dibanding bagian bawah. Sehingga, jika anda terus naik ke atas, daerah menjadi lebih sempit dan memudahkan untuk mencari/menemukan jalur yang benar karena semua jalur pendakian akan menuju puncak, sehingga akan menemukan jalur yang akan anda inginkan untuk turun.

6. Gunakan Penanda

Pasanglah penanda dipersimpangan yang membingungkan. Jadi jika ternyata jalur yang anda pilih salah, anda dapat kembali ke persimpangan awal dengan berpatokan pada tanda yang sudah anda pasang.

7.  Berhati-hatilah Saat Turun Dari Puncak

Saat turun dari.puncak, tetap jaga kebersamaan dan jarak dengan teman anda. Perbedaan jarak bisa menjadi masalah / celaka jika kita tidak berhati hati. Kabut tebal bisa saja akan turun dan menutup jarak pandang.

8. Berdoa dan Lakukan Prosedur Bertahan Hidup (survival)

Saat tersesat, jangan paksakan mencari jalur yang benar, khususnya ketika hari mulai gelap. Gunakan waktu malam untuk beristirahat dan jangan lupa berdoa meminta keselamatan.

Demikian sedikit informasi dan tips yang dapat digunakan saat tersesat di gunung.. Semoga bermanfaat( MFA)

 


Komentar (0)

Silakan login untuk mengisi komentar