Pelatihan Teknis Jungle Rescue

Jagat Mapala berkolaborasi dengan beberapa organisasi mengadakan kegiatan Pelatihan Teknis Jungle Rescue 24-26 Juni 2022 di Bandung. Sebanyak 25 Potensi mengikuti pelatihan dengan instruktur dari Basarnas. Dalam kegiatan itu Jagat Mapala bersama CTAI (Call To Action Indonesia), Gadamusa Discovery Jawa Barat, SRI (Sahabat Relawan Indonesia) dan Basarnas memberikan pelatihan teori di kelas dan praktek langsung di hutan Kareumbi Jawa Barat.

Beberapa Materi pembelajaran seperti Explorer Search & Rescue (ESAR), Pemindahan Korban, Pertolongan Pendarahan, Tandu Darurat dan Teknik Evakuasi maupun penguasaan teknologi GPS (Global Positioning Sistem) berhasil diselesaikan para peserta dalam kurun waktu 3 (tiga) hari.

Basarnas sebagai Lembaga pemerintah dalam hal pencarian dan pertolongan sangat menyambut positif kegiatan seperti ini, bahkan selalu bersedia menyediakan para instrukturnya untuk melatih para potensi agar mahir dan terampil saat diterjunkan dalam operasi pencarian dan pertolongan.

Darmanto selaku Instruktur Rescue perwakilan Jagat Mapala mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan bagi para potensi muda dimana musibah bisa terjadi dimana saja dalam bentuk apapun. Pelatihan ini memberikan penguasaan teknis pertolongan maupun pencarian. Paling penting dalam pembelajaran seperti ini adalah menumbuhkan mental para potensi untuk menghadapi segala medan. Selain mengasah keterampilan, penguasaan keadaan emosional juga sangat penting bagi para potensi lanjut Darmanto.

Minat ikut pelatihan seperti ini?

 


Komentar (0)

Silakan login untuk mengisi komentar