Mengapa Terjadi Banjir?

Banjir kerap kali terjadi di Indonesia bila musim penghujan tiba, terlebih disaat awal musim penghujan. Banjir bukanlah sebuah musibah melainkan kejadian alam. Disebut musibah bilamana terjadi korban dan kerugian. Mengapa terjadi banjir? Kali ini mimin Jagat Mapala akan berbagi info secara sederhana. 

Banjir yang terjadi pada umumnya disebabkan karena curah hujan yang tinggi, pasangnya air laut atau permukaan tanah lebih rendah. Selain itu penyebab banjir adalah ulah manusia. 

Menurut Resiko Bencana Indonesia (RBI) BNPB banjir bandang adalah salah satu jenis banjir yang paling banyak mengakibatkan kerugian selain jenis banjir lainnya seperti banjir rob. Banjir bandang mengandung didalamnya berbagai material pasir, tanah, kayu maupun batu. Karena material itulah banjir bandang mengakibatkan banyak kerugian dan masuk kategori musibah. 

Banjir karena ulah manusia juga mengakibatkan kerugian karena rusaknya saluran air, berubahnya tempat endapan air menjadi hunian atau banyaknya limbah sampah manusia. Kerugian yang diderita tidak main main. DiBi BNPB mencatat musibah banjir menempati urutan teratas dari komposisi kebencanaan nasional diatas gempa bumi, kekeringan, gunung meletus, tanah longsor, puting beliung dan abrasi. 

Mimin mengajak kita semua untuk peduli dan menjaga lingkungan agar musibah banjir tidak menjadi musibah menakutkan. (MFA)


Komentar (0)

Silakan login untuk mengisi komentar