Camping Adventure Family Regional Jakarta Adakan Hiking Family Kawah Ratu Gunung Salak

Komunitas campers berbasis keluarga bernama Camping Adventure Family (CAF Indonesia) telah lahir di tahun 2019 silam. Anggota CAF melejit tinggi disaat pandemi lalu, berawal dari sekumpulan orang-orang sehati yang menyukai aktifitas camping di alam bebas berlokasi di Jakarta dan sekitarnya, kini telah memiliki beberapa regional se-Indonesia. Adalah Edy Fitriono seorang pencinta alam senior bermimpi bisa membawa keluarga dan anak anaknya main di alam bebas tanpa gadget, listrik dan polusi dan boleh bermain di tanah, sungai sambil kotor-kotoran berhasil mengajak beberapa koleganya untuk camping bersama hingga lahirnya komunitas CAF ini sekaligus menjadi ketua umum. 

Jelang akhir tahun 2022 (12-13 November) ini CAF Indonesia regional Jakarta mengadakan Kopdar dan hiking family ke kawah ratu gunung salak Bogor. Ide yang di gagas oleh penasehat CAF Indonesia regional Jakarta Rifai ini kemudian berhasil dilaksanakan dengan baik oleh ketua pelaksana Totok Kristianto bertempat di Camping Ground Kang Kabayan di kawasan gunung Bunder Bogor. Dihadiri lebih dari 80 anggota bersama keluarganya membuat malam keakraban ditengah hangatnya api unggun terasa begitu kekeluargaan.

Rifai mengatakan kegiatan CAF Indonesia region Jakarta ini bukan kali pertama, ada beberapa event dan kopdar sebelumnya. Saat pandemi lalu kegiatan di alam bebas ini merupakan "vitamin" bagi anggota untuk bisa bernafas lega di udara bebas dan sejuk, sehingga anggota CAF Indonesia terus bertambah membuat pengurus semakin bersemangat untuk mengadakan event dan kopdar selanjutnya.

Sementara itu tim panitia dibawah komando ketua pelaksana Totok Kristianto sukses menyelenggarakan kegiatan dengan aman di tengah guyuran hujan sepanjang hari. Mulai dari akses ke lokasi, tempat parkir, camping ground hingga hiking track menuju puncak kawah ratu. Alhamdulillah tidak ada halangan berarti karena para anggota CAF pada umumnya sudah mengerti apa yang harus mereka perbuat di alam bebas ujar Totok. 

Sementara itu ketua CAF Indonesia regional Jakarta Yudi Resdianto mengatakan kopdar ini sebagai bridging bagi para anggota menuju jambore nasional yang akan diadakan desember mendatang di gunung Gede Pangrango.

Mimin Jagat Mapala berkesempatan hadir dalam kopdar CAF kali ini dan ikut serta dalam rangkaian kegiatannya. Kesan yang dialami oleh mimin adalah suasana penuh kehangatan keakraban dan kasih sayang antar sesama. Semoga kegiatan bermanfaat ini bisa terus dilaksanakan dengan mengembangkan rasa cinta alam. (MFA)

 


Komentar (0)

Silakan login untuk mengisi komentar