Apa itu Sesar Cimandiri?

Hai pencinta alam jagatmapala,

Sebagai kontributor saya mau sedikit sharing mengenai Sesar Cimandiri yang menjadi bahan perbincangan karena pada hari Senin tanggal 21 November 2022 telah terjadi gempa bumi dengan magnitude 5,6 akibat aktivitas Sesar Cimandiri. Sebelumnya sahabat jagatmapala mau tahu kan apa itu Sesar Cimandiri? 

Sesar Cimandiri itu merupakan satu dari 3 struktur Sesar yang berkembang di Jawa Barat. Ada 3 struktur regional yang penting yaitu Sesar Cimandiri, Sesar Baribis dan Sesar Lembang. Sesar Cimandiri merupakan sesar paling tua (umur Kapur), membentang sepanjang 100 km dimulai dari Teluk Pelabuhanratu, Sukabumi menembus ke timur melalui Lembah Cimandiri, Cipatat-Rajamandala, Gunung Tangkubanprahu-Burangrang dan diduga menerus ke timur laut menuju Subang. 

Dampak dari gempa bumi pada Hari Senin 21 November 2022 dengan Magnitude 5,6 mengakibatkan kerusakan bangunan rumah, Gedung dan longsor di beberapa tempat serta menimbulkan korban luka maupun meninggal dunia dan yang masih hidup kehilangan tempat tinggal.

Semoga Korban yang tertimbun dapat ditemukan semua, masyarakat Cianjur yang terdampak cepat mendapat rehabilitasi dan rekonstruksi . ( HM)


Komentar (0)

Silakan login untuk mengisi komentar